PUSBET NEWS - VIRAL! Sound Horeg Tumpuk-Tumpuk di Atas Sungai, "Oleh Sedikit Usai!!" Nenek-Nenek Sampai Pegang Kaca Rumah Takut Pecah!!

Belakangan ini dunia maya digemparkan lagi sama tindakan unik yang membuat warganet ngakak sekalian bingung. Sebuah adat Sound Horeg—alias adat orang Jawa yang gunakan sound sistem ditumpuk-tumpuk dan membuat suara menjadi super kenceng—viral karena videonya yang menunjukkan tindakan sound sistem itu terpasang di atas jembatan sungai! Tetapi tidak hanya itu yang membuat ramai, gengs. Ada satu peristiwa epic di mana seorang nenek-nenek sampai keluar dari rumah dan pegangan kaca jendelanya, takut kacanya pecah karena suara sound yang menggelegar! "Oleh sedikit usai, kaca rumah gua dapat pecah ini!" keluh sang nenek sekalian cemas. ?

Video langsung trending di TikTok ini awalannya ngerekam situasi dalam suatu acara tradisi yang mengikutsertakan Sound Horeg. Untuk yang belum mengetahui, Sound Horeg ini memang menjadi adat kece di sejumlah wilayah Jawa, di mana sound sistem ditumpuk-tumpuk tinggi sampai membuat suara bass dan treble-nya tergetar seperti konser metal. Nach, permasalahannya, lokasi acara ini kali di deket jembatan sungai, dan suara bisingnya kedengar sampai beberapa rumah masyarakat sekitaran. Sang nenek yang tempat tinggalnya hanya sepelemparan batu dari jembatan lantas kalang kabut dan keluar, takut kaca tempat tinggalnya rengat terkena getaran sound sistem yang menggila.

Warganet yang menonton videonya tidak hanya kaget, tetapi juga ngakak simak gestur sang nenek yang kebingungan di antara ingin geram atau pasrah. "Sumpah, neneknya sampai pegangan kaca, wkwkwk, kasian sekali tetapi ngakak sich," tulis salah satunya komentar warganet. Lainnya tidak ketinggal, "Bass-nya sampai membuat hati nenek tergetar, kaca jendela ikut-ikutan goyang!"

Adat Sound Horeg ini memang sudah lama menjadi sisi dari beberapa acara seperti pernikahan, sunatan, atau acara besar di Jawa. Umumnya, sound sistem ditumpuk dengan tinggi mungkin agar suara lebih nendang, semakin kencang, semakin senang sang empunya acara! Tetapi ini kali, adat unik itu membuat masyarakat sekitaran, khususnya sang nenek, kaget bukan bermain. Banyak yang ngerespon, "Awas tuch kaca dapat rengat betulan jika kelamaan digas suaranya!"

Komentar warganet juga ramai, dimulai dari yang sedih sama sang nenek, sampai yang malah nambahin kelucuan keadaan ini. "Sound sistem atau gempa mini sich, edan getarannya!" tulis salah satunya warganet. Ada yang ngerespon dengan suara bergurau, "Neneknya strong, kaca tidak pecah karena doa nenek!"

Dalam pada itu, banyak pula yang mengharap adat Sound Horeg ini dapat lebih teratur yang akan datang, khususnya masalah lokasi acara. "Bisa sich pakai sound horeg, tetapi jangan sampai membuat masyarakat cemas atau bikin rugi. Kasian neneknya menjadi korban getaran bass," tutur salah satunya warganet yang sepakat jika sound horeg perlu ditata.

Komentar Warganet:

"Buset dah, nenek sampai pegangan kaca, getaran bassnya lebih hebat dari konser EDM!"
"Respect sama adat, tetapi tolong donk jangan membuat terkejut masyarakat. Kasian sang nenek!"
"Ini sound horeg sudah seperti superpower, dapat geterin kaca rumah!"
"Nenek mah sudah bersiap membawa selotip buat metahan kaca agar tidak pecah, wkwkwk."
Trendingnya video ini menjadi pembicaraan hangat di sosial media. Adat Sound Horeg memang unik dan sudah menjadi kebanggaan di sejumlah wilayah Jawa, tetapi peristiwa seperti begini menjadi pelajaran buat lebih berhati-hati dengan imbas bisingnya. Mudah-mudahan, yang akan datang sound sistem dapat terus horeg tanpa membuat masyarakat sampai pegangan kaca takut pecah!